Popular Posts

Bahasa Inggris Jadi Bahasa Pengantar di Sekolah, Setujukah Kamu?

Share on :
Assalamualaikum...
Bahasa Inggris kini tak terasa sedang 'menjajah' negeri tercinta kita, Indonesia. Mulai dari hal kecil sampai hal yang besar. Berikut ini artikel yang sumber sebenarnya dari detik.com namun Saya temukan di pesbuk. xixixixi.. Sikad dah!



Bahasa Inggris Jadi Bahasa Pengantar, Nasionalisme Luntur


Pemberlakuan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam sekolah negeri bertaraf internasional dinilai tidak berdampak pada kualitas murid. Alih-alih meningkatkan kualitas, malah pendidikan melanggar konstitusi dan melunturkan semangat nasionalisme dari generasi muda.

 "Ya iyalah melanggar konstitusi. Masa bahasa asing jadi bahasa pengantar di negeri sendiri," kata guru SMA 13 Jakarta, Retno Listyarti saat berbincang dengan detikcom, Rabu (25/4/2012).

 Menurut guru pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ini, dalam UUD 1945 pasal 31 dan 32 jelas menyatakan Pemerintah memajukan kebudayaan nasional Indonesia. Sehingga sangat janggal pendidikan sebagai sarana penanaman ilai-nilai kebudayaan bangsa malah digeser oleh bahasa asing.

"Ki Hajar Dewantara membubuhkan pasal pendidikan dan budaya ke UUD 1945 supaya orang Indonesia mengenal budaya Indonesia. Bahkan Presiden Soekarno memerintahkan kedutaan besar Indonesia yang ada di luar negeri supaya membuka sekolah berbahasa Indonesia supaya orang Indonesia bisa mengenal budaya Indonesia," papar guru yang juga Koordinator Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) ini.

 Dengan fakta demikian, maka dikhawatirkan generasi bangsa akan luntur menyelami semangat nasionalisme. Yaitu bisa mengajar dengan menggunakan Bahasa Inggris dianggap sudah berkualitas. Murid juga didoktrin apa-apa yang berbau internasional dianggap berkualitas.

 "Apa yang berbahasa Inggris itu selalu hebat? Kita kan punya bahasa nasional, kenapa tidak digunakan?," ujar pengajar yang sekolahnya sudah dijadikan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) ini.

 Dalam sistem RSBI, Bahasa Inggris ini dijadikan sebagai bahasa pengantar pada mata pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi dan Bahasa Inggris. Karena mengejar trend pengantar Bahasa Inggris, maka banyak sekolah berlabel internasional di Jakarta mempekerjakan guru asing dengan kualitas minim.

 "Banyak guru asing di Jakarta digaji Rp 32 juta karena bisa mengajar dengan berbahasa Inggris sedangkan guru kita jauh di bawahnya. Padahal kualitas materi yang di sampaikan kalah dari guru-guru kita," ungkap Retno.

 Secara pribadi Retno menolak bahasa pengantar berbahasa Inggris bukan karena tidak bisa berbahasa Inggris. Tetapi karena bahasa menjadi sarana pengantar penanaman nilai-nilai kebudayaan bangsa. Terkait kualitas, siswa SMA 13 mengalami dampak signifikan diajar menggunakan bahasa pengantar berbahasa Inggris.

 "Enggak ada dampaknya tuh. Sama aja," papar Retno.

 Seperti diketahui, para orang tua murid dan aktivis pendidikan menguji Pasal 50 ayat (3) UU Sisdiknas yang mengaku tak bisa mengakses satuan pendidikan RSBI/SBI ini lantaran mahal. Mereka adalah Andi Akbar Fitriyadi, Nadia Masykuria, Milang Tauhida (orang tua murid), Juwono, Lodewijk F Paat, Bambang Wisudo, Febri Antoni Arif (aktivis pendidikan).

 Mereka menilai pasal yang mengatur penyelenggaraan satuan pendidikan bertaraf internasional itu diskriminatif. Keberadaan pasal itu menimbulkan praktek perlakuan yang berbeda antara sekolah umum dan RSBI/SBI. Misalnya, dalam sekolah umum fasilitasnya minim dan guru-gurunya kurang memenuhi kualifikasi. Sementara di sekolah RSBI fasilitas lengkap dan guru-gurunya berkualitas. RSBI juga menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

 Siswa Cas Cis Cus Berbahasa Inggris Kebanggaan Semu


Tren Bahasa Inggris menyihir para orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah berlabel internasional dari tingkat SD hingga SMA. Para orang tua merasa bangga apabila anak-anaknya bisa cas cis cus berbahasa Inggris dengan lancar.

 "Itu kebanggaan semu. Kalau sudah bisa lancar berbahasa Inggris, terus mau apa? Apakah menunjukan kualitas?" kata sejarawan Asvi Warman Adam saat berbincang dengan detikcom, Rabu (25/4/2012).

 Menurut peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini, siswa yang bisa berbahasa Inggris dengan lancar tidak menunjukkan kualitas ilmu pengetahuan siswa. Sebab mutu pendidikan ditentukan banyak hal, sedangkan bahasa hanyalah alat pengantar saja. Mirisnya, menurut Asvi, Bahasa Inggris di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) diterapkan sebagai bahasa baku dalam peraturan tertulis.

 "Apakah ketika sekolah menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, itu berarti kualitasnya internasional? Masa hanya karena berbahasa Inggris lalu sudah bangga," ujar Asvi.

Selain menumbuhkan kebanggan semu, penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dapat mengikis kecintaan dan semangat persatuan bangsa. Dia mengingatkan bahwa Indonesia bisa bersatu dengan Bahasa Indonesia sejak dideklarasikan pada Sumpah Pemuda 1928.

 "Indonesia itu terdiri dari berbagai suku dan bahasa. Kita bersatu karena ada Bahasa Indonesia, itu suatu kebanggan. Timor Timur saja yang sudah merdeka ingin Bahasa Indonesia dijadikan bahasa utama karena Bahasa Indonesia mudah dan sudah diterima masyarakat. Kalau bahasa Inggris atau Portugis atau bahasa suku setempat banyak yang ditolak," ungkap Asvi.

 Seperti diketahui, para orang tua murid dan aktivis pendidikan menguji Pasal 50 ayat (3) UU Sisdiknas yang mengaku tak bisa mengakses satuan pendidikan RSBI/SBI ini lantaran mahal. Mereka adalah Andi Akbar Fitriyadi, Nadia Masykuria, Milang Tauhida (orang tua murid), Juwono, Lodewijk F Paat, Bambang Wisudo, Febri Antoni Arif (aktivis pendidikan).

 Mereka menilai pasal yang mengatur penyelenggaraan satuan pendidikan bertaraf internasional itu diskriminatif. Keberadaan pasal itu menimbulkan praktek perlakuan yang berbeda antara sekolah umum dan RSBI/SBI. Misalnya, dalam sekolah umum fasilitasnya minim dan guru-gurunya kurang memenuhi kualifikasi. Sementara di sekolah RSBI fasilitas lengkap dan guru-gurunya berkualitas. RSBI juga menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

"Kalau saya pribadi menolak RSBI, selain penggunaan Bahasa Inggris, karena menimbulkan kesan asal sudah mengajar dengan Bahasa Inggris maka sudah berkualias internasional," tuntas Asvi.

Bahasa Indonesia Vs Bahasa Inggris di Persimpangan Jalan


 Penolakan penggunaan Bahasa Inggris di sekolah pemerintah berlabel internasional mengemuka di sidang Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab Indonesia mempunyai bahasa nasional dan menjadi lambang kebanggaan bangsa. Bahkan Bahasa Indonesia pernah diusulkan menjadi bahasa resmi dalam berbagai kesepakatan parlemen negara-negara Asia Tenggara.

Berikut anjuran dan penggunaan Bahasa Indonesia dalam berbagai peristiwa seperti dicatat detikcom, Rabu (25/4/2012):

Masa Orde Baru

Presiden Soeharto mengeluarkan peraturan supaya nama-nama toko, bank, hotel dan
tempat umum menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa asing yang di-Indonesia-kan.

 21 Februari 2001

Presiden RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mengeluarkan Inpres No 2/2001 tentang Penggunaan Komputer dengan Aplikasi Berbahasa Indonesia. Dalam intruksi itu Gus Dur memerintahkan Menteri Negara Riset dan Teknologi dan Menteri Pendidikan Nasional untuk membakukan istilah-istilah komputer ke dalam bahasa Indonesia serta mengambil langkah-langkah inisiatif membuat aplikasi komputer berbahasa Indonesia, serta mensosialisasikan kepada masyarakat Indonesia. 
7 Mei 2011

Lembaga ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) atau Majelis Antar Parlemen ASEAN akan memasukkan penggunaan Bahasa Indonesia itu dalam statuta ASEAN. Usulan tersebut diterima sebab Bahasa Indonesia dimengerti oleh hampir sebagian besar masyarakat di Asia Tenggara.

"Itu yang akan diubah dalam statuta AIPA. Kita nggak tahu ASEAN, tapi AIPA sesuai usulan Indonesia waktu lalu dan diterima seluruh delegasi," kata Ketua DPR RI Marzuki Alie saat itu.

 16 November 2011

Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pembukaan KTT ASEAN di Bali menggunakan Bahasa Indonesia. "Dengan meninggalkan kebiasaan menggunakan Bahasa Inggris pada forum internasional, SBY telah melakukan hal yang positif," ujar Guru Besar Hukum Internasional FH UI, Hikmahanto Juwana.

24 April 2012

Pakar bahasa Abdul Chaer menyampaikan keterangan sebagai ahli di ruang sidang Mahkamah Konstitusi (MK bahwa penggunaan pembakuan bahasa Inggris dalam program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) melanggar konstitusi.

"Jelas bahwa penggunaan Bahasa Inggris di RSBI yang siswanya adalah anak-anak Indonesia dan untuk memberikan ilmu adalah bertentangan dengan amanat konstitusi yang disebut pada UU No 24/2009," ungkap Abdul.

Namun tidak selamanya anjuran tersebut dipatuhi oleh pejabat. Misalnya saja pada 3 Januari 2011. Saat itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka pasar bursa di Bursa Efek Indonesia dengan pidato bertabur Bahasa Inggris. Mengawali pidatonya, Presiden mengatakan "Dalam melakukan evaluasi, kita harus merujuk pada parameter dan ukuran yang jelas. Correct measurement."

"Pemulihan ekonomi untuk menjaga kesejahteraan rakyat, atau dengan bahasa bebas saya katakan minimizing the impact of the global economic crisis," demikian salah satu petikan istilah Inggris yang disampaikan SBY.

Jadi, mari kita utamakan bahasa kita Sobat Blogger! Yuk bikin beragam hal dengan bahasa Indonesia!!! ^^

25 komentar on Bahasa Inggris Jadi Bahasa Pengantar di Sekolah, Setujukah Kamu? :

Anonim mengatakan... Selasa, 18 Desember 2012 pukul 03.33.00 WIB

With havin so much content and articles do you ever run into any issues of plagorism or copyright violation?
My site has a lot of exclusive content I've either written myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the internet without my agreement. Do you know any methods to help reduce content from being ripped off? I'd certainly appreciate it.
Feel free to visit my page ; fantasy scifi

Anonim mengatakan... Rabu, 19 Desember 2012 pukul 08.39.00 WIB

If you are going for most excellent contents like I do, only pay
a quick visit this website daily as it provides feature contents, thanks
Here is my blog post - impressive advertisements

Anonim mengatakan... Rabu, 19 Desember 2012 pukul 12.04.00 WIB

I have read so many posts on the topic of the blogger lovers however this article is
really a fastidious paragraph, keep it up.
Feel free to surf my page - Buy Facebook Likes Canada

Anonim mengatakan... Rabu, 19 Desember 2012 pukul 20.30.00 WIB

Your means of explaining all in this article is really pleasant, every
one be capable of simply understand it, Thanks a lot.
Feel free to visit my page Promo Codes

Anonim mengatakan... Kamis, 20 Desember 2012 pukul 04.49.00 WIB

Wow that was odd. I just wrote an really long comment but after I
clicked submit my comment didn't show up. Grrrr... well I'm not writing all that over again.
Anyways, just wanted to say great blog!
Have a look at my blog causes of acid reflux

Anonim mengatakan... Kamis, 20 Desember 2012 pukul 14.49.00 WIB

Awesome post.
my site: lanautica

Anonim mengatakan... Kamis, 20 Desember 2012 pukul 15.38.00 WIB

Wow that was unusual. I just wrote an really long
comment but after I clicked submit my comment didn't show up. Grrrr... well I'm not writing all that over again.

Anyway, just wanted to say fantastic blog!
my web page > funnymariogames

Anonim mengatakan... Senin, 24 Desember 2012 pukul 02.31.00 WIB

Hello there I am so excited I found your site, I really
found you by mistake, while I was searching on Google for something
else, Anyhow I am here now and would just like to say
thanks for a fantastic post and a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read it all at the minute
but I have saved it and also added in your RSS feeds, so when I have
time I will be back to read more, Please do keep up the fantastic work.
My website ; high quality beats by dr. dre headphones

Anonim mengatakan... Rabu, 26 Desember 2012 pukul 05.06.00 WIB

Hello, i think that i noticed you visited my weblog thus i came to go back the want?
.I am attempting to find issues to improve my web site!
I guess its ok to make use of a few of your ideas!
!
My site: distressed properties investing PA

Anonim mengatakan... Kamis, 27 Desember 2012 pukul 06.43.00 WIB

Heya just wanted to give you a quick heads up and let you know a few
of the pictures aren't loading properly. I'm not
sure why but I think its a linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same results.
Also see my page :: gift cards

Anonim mengatakan... Kamis, 03 Januari 2013 pukul 22.22.00 WIB

Do you have a spam problem on this blog; I also am a blogger, and I was curious about your situation; many of
us have developed some nice procedures and we are looking to exchange techniques with other folks, please shoot me an e-mail if
interested.
My webpage : wildthumbs.com

Anonim mengatakan... Jumat, 04 Januari 2013 pukul 22.24.00 WIB

Malaysia & Singapore & brunei best on-line blogshop for
wholesale & quantity korean accessories, earrings, earstuds, locket, rings, bracelet, trinket & hair add-ons.
Offer 35 % wholesale rebate. Ship Worldwide
My web page :: La Fiesta Condo

Anonim mengatakan... Kamis, 10 Januari 2013 pukul 20.56.00 WIB

Malaysia & Singapore & brunei finest on-line blogshop
for wholesale & quantity korean add-ons, earrings, earstuds, pendant, rings, hair, bangle
& bracelet add-ons. Deal 35 % wholesale rebate. Ship Worldwide
Also see my webpage :: curso unas de gel

Anonim mengatakan... Senin, 28 Januari 2013 pukul 15.19.00 WIB

If some one wishes to be updated with most up-to-date technologies after that he must
be pay a visit this site and be up to date daily.
Also see my webpage > Suggested Webpage

Anonim mengatakan... Rabu, 27 Maret 2013 pukul 03.43.00 WIB

Hello! Someone in my Facebook group shared this website with us so I
came to check it out. I'm definitely enjoying the information. I'm bookmarking and will
be tweeting this to my followers! Wonderful blog and amazing design and style.


Here is my blog Spazio Kovan

Anonim mengatakan... Rabu, 01 Mei 2013 pukul 13.46.00 WIB

You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something that
I think I would never understand. It seems too complicated
and extremely broad for me. I am looking forward for your next post, I'll try to get the hang of it!

My blog: Oakley Sunglasses Outlet

Anonim mengatakan... Sabtu, 25 Mei 2013 pukul 02.44.00 WIB

Undeniably consider that that you said. Your favorite reason seemed to be at the internet
the simplest thing to take note of. I say to you, I definitely get irked while other
people think about issues that they plainly do not
realize about. You managed to hit the nail upon the highest and
also defined out the whole thing with no need side-effects ,
people can take a signal. Will probably be again to get more.
Thanks

Also visit my web-site: getting my ex back

Anonim mengatakan... Selasa, 28 Mei 2013 pukul 01.22.00 WIB

Heya just wanted to give you a brief heads up
and let you know a few of the pictures aren't loading correctly. I'm not sure why but I think its a linking issue.
I've tried it in two different internet browsers and both show the same results.

Review my web-site ... what to say to your ex to get him back

Anonim mengatakan... Rabu, 29 Mei 2013 pukul 09.04.00 WIB

Hmm it seems like your site ate my first comment
(it was super long) so I guess I'll just sum it up what I wrote and say, I'm thoroughly enjoying your blog.
I as well am an aspiring blog blogger but I'm still new to the whole thing. Do you have any suggestions for novice blog writers? I'd genuinely appreciate it.



my webpage - how to get him to fall in love with you

Anonim mengatakan... Kamis, 06 Juni 2013 pukul 04.15.00 WIB

Greetings! Quick question that's completely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My website looks weird when viewing from my iphone 4. I'm trying to find a template
or plugin that might be able to correct
this issue. If you have any recommendations, please share.
Many thanks!

Also visit my website ... airbnb discount code

Unknown mengatakan... Rabu, 27 November 2013 pukul 08.18.00 WIB

water tap works: the outlet valve in the thermostat with a thermal component, using a temperature device characteristics to promote the spool valve movement, shower mixer hot and cold water inlet in the block cold water, while open water, when the temperature control knob to a certain temperature, into the outlet of the hot and cold water also will automatically change in proportion to the output water temperature is always constant. Thermostat knob to between 35 -65 in any setting, basin tap water will automatically maintain the set water temperature.

Lumineux LED Robinetterie Vasque mengatakan... Senin, 02 Desember 2013 pukul 12.35.00 WIB

Cet article donne la lumière dans laquelle nous pouvons observer la réalité. Ceci est très gentil et donne des informations en profondeur. Merci pour ce bel article.

CHEAPTAP.CO.UK -- Enjoy the water, enjoy your life! mengatakan... Senin, 18 Mei 2015 pukul 03.08.00 WIB



These days, homemakers want to add in more type, flair and superiority into their kitchens. As such, even the taps are chosen with more care and consideration. With this change in choice, you see the appearance of designer http://www.cheaptap.co.uk/waterfall-taps-c-36.html .

Unknown mengatakan... Jumat, 14 Agustus 2015 pukul 12.32.00 WIB

Robinetterie - Découvrez toutes les collections Jacob Delafon. Pour votre salle de bain et votre cuisine, trouvez le robinet adapté grace à Jacob Delafon.http://www.robinetso.fr/8-robinet-bain

Amycarry mengatakan... Senin, 10 Oktober 2016 pukul 08.03.00 WIB

Good http://www.faucetsmarket.com/bathroom-accessory-faucets-accessories-c-4_33.html valve switch freely, while the use of bathtub faucets is not too loose or too tight; handle position, shape to be convenient to open and Waterfall faucet, that the use of the back can easily operate.

Post a Comment and Don't Spam!

Please don't SPAM!