Popular Posts

Bahaya-Bahaya Social Network

Share on :
Assalamualaikum...
Siapa yang tak kenal dengan "Social Network"? Yaps! Social Network adalah sebutan untuk jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace, dsb. Meskipun social network tersebut berguna bagi usernya, tetap saja ada kelemahan, kelebihan, dan bahaya yang sewaktu-waktu timbul dan dirasakan oleh usernya. Berikut ini adalah masalah-masalah yang sering dijumpai di social network.

1. Kesalahpahaman antar pengguna
Di urutan nomor satu adalah kesalahpahaman. Biasanya kesalahpahaman bisa terjadi karena seseorang membuat sebuah tulisan di Social Network. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak membuat tulisan-tulisan yang dapat merusak hubungan orang lain. Dan jika Anda pengguna twitter yang pernah membuat tulisan secara tidak sengaja, maka cepat-cepat hapus Tweet Anda sebelum pers yang 'berkicau'.

2. Konflik yang berkelanjutan
Tulisan-tulisan yang bisa saja tidak dapat dihapus karena block dari server menyebabkan Anda mempunyai masalah pribadi yang berkelanjutan.

3. Trouble @twitter
Twitter merupakan social network yang memiliki jutaan user 'asli'. Maksudnya, banyak artis, pejabat, dan berbagai orang memang user twitter tanpa menggunakan inisial. Twitter memiliki privasi yang bisa dibilang kelas bawah. Mengapa? Banyak user twiter yang berkicau sembarangan di twitter, sehingga sering terjadi masalah-masalah yang bervariasi, mulai kecil hingga besar. Twitter yang memiliki fitur "@[username]" dan memiliki kiriman terbatas itu perlunya ada pengembangan privasi. Facebook pun menjadi pilihan yang bagus menurut Saya, karena fitur-fitur di twitter yang tidak ada pada facebook dapat ditutupi dengan fasilitas yang lengkap seperti Fan Page, FBapps, dsb.

4. Trap Link
Pernah melihat link-link pendek seperti bit.ly di social network? Tentunya Anda pernah melihat Link seperti itu. Cobalah untuk berhati-hati pada link itu. Bisa saja itu berisi Malware, Spam, Scam, Pornografi, atau hal-hal negatif yang dapat berpengaruh kepada Anda atau Hardware Anda.

5. Jangan mencoba untuk memiliki akun lebih dari 2
Banyak user-user iseng yang mempunyai lebih dari 2 akun, entah itu di facebook, twitter, myspace, digg, atau semacamnya. Pengaruh yang ditimbulkan apabila memiliki akun Social Network lebih dari 2 antara lain :
• Hacker lebih mudah menyerap informasi akun Anda, karena Anda bisa saja secara tidak sengaja menaruh info-info penting di secondary account Anda.
• Apabila privasi Anda di primary account tersembunyi karena berisi info-info rahasia sedangkan privasi di secondary account Anda terbuka dengan info yang sama. Maka, Anda terancam oleh orang 'iseng' yang akan meretas akun Anda.
• Lupa kata sandi bisa menjadi link utama apabila Anda terlalu membuat berbagai kombinasi password dan tidak mengingat/mencatanya.

So. itu sekedar info dari Saya. Thanks to Readers!

0 komentar on Bahaya-Bahaya Social Network :

Post a Comment and Don't Spam!

Please don't SPAM!