Popular Posts

Jenis Kualitas dan Ekstensi File Video

Share on :
Assalamualaikum...
Pernah membaca atau melihat tulisan DVDRip, R5, CAM, atau TS? Yaps! Itu semua adalah format dari sebuah file film yang beredar di Internet. Sebenarnya, semua film itu ilegal alias bajakan. Format-format kualitas tersebut dikelompokkan berdasarkan jenis kualitas suara, grafis, serta besar file. Selain itu, kualitas-kualitas tersebut juga sebagai pedoman Anda untuk men-download sebuah film. Okelah kalau begitu kita langsung menuju ke TKP!

• DVDRip
Merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya baik sekali. DVDRip akan ada jika DVD Originalnya telah ada di pasaran. Bisa mendukung maksimal 720x480 atau 720x576.

• DVDScr
Merupakan dupiklat dari promo DVD yang akan digunakan sebagai promosi. DVDScr akan ada sebelum DVD originalnya keluar di pasaran. Kualitas gambar dan suaranya hampir setara dengan DVDRip, hanya saja pada gambar video sering terdapat beberapa tulisan penjelasan yang terpampang di layar tentang DVD tersebut yang biasanya sedikit menggangu kita.

• R5
Kualitas gambar hampir setara dengan DVDRip, tetapi untuk kualitas suara biasanya agak jelek (cempreng), meskipun ada beberapa yang kualitas suaranya sudah bagus, namun tetap saja masih ada sedikit noise sehingga mengurangi kenyamanan dalam menonton film tersebut.

• CAM
Kualitas jenis ini merupakan hasil dari rekaman camera digital, langsung di bioskop sehingga kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam. Rekaman kualitas ini biasanya menggunakan mini tripod sehingga sering terdapat sedikit goncangan. Kualitas video ini sangat jelek.

• TS (Telesync)
Kualitasnya hampir sama dengan jenis CAM. Namun kualitas gambar dan suara TS sedikit lebih baik dari CAM karena TS merupakan CAM yang telah dilabel ulang.

• TC (Telecine)
Yaitu metode pengkopian film digital langsung dari pita. Kualitas suara dan gambarnya sudah sangat baik. Namun karena peralatan yang dibutuhkan untuk merekam telecine ini sangat jarang ditemui dan sudah menjadi langka.

• Bluray Disc/HD
Resolusi jauh lebih besar yaitu 1920x1080 atau 1280x720 (tergantung filenya). Konsekuensinya, file jadi besar dan memutarnya juga berat, sehingga diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga. kalau tidak nanti jadi patah-patah. Kualitas ini jauh lebih baik dari DVDRip.

• mHD
Mini/Micro HD, hampir sama dengan HD, tetapi dengan resolusi yang lebih kecil yaitu 1280x5xx, sehingga ukuran filepun juga lebih kecil dibandingkan HD.

• Workprint
Film yang belum diedit efek visulnya secara keseluruhan. Bisanya terdapat adegan yang hilang, suara yang tidak beraturan. Kualitas film ini bervariasi dari yang paling baik hingga yang paling buruk.

• VCD
Biasanya digunakan untuk transfer kualitas rendah (CAM / TS / TC / Screener (VHS) / TVrip.

Nah, kalau ada jenis kualitas, pastinya ada ekstensi filenya donk! Hmm... Ekstensi filenya itu beragam seperti :
*.avi
Sering digunakan pada kualitas DVDRip dan R5 dan sering digunakan pada sistem operasi Windows.
*.mkv
Matroska video file, merupakan ekstensi file yang menyimpan ukuran yang mini. Rata-rata mempunyai daya tampil hampir setara dengan *.avi dan juga biasa memuat film berkualitas CAM, TS, dsb.
*.WMV
Windows Movie file, merupakan ekstensi default Windows yang memuat video dengan kualitas yang tak menentu (terhantung pada fps).
*.mp4
Ekstensi file yang mudah dijumpai pada Ponsel. Mempunyai kualitas pemutaran yang bisa dicungi jempol meskipun ukuran filenya bisa hampir setara dengan BlueRay Disc.
Nah, itu masih sebagian informasi yang masih Saya ketahui. Jadi, galilah ilmu sedalam-dalammya!
Selamat Membaca!!!

2 komentar on Jenis Kualitas dan Ekstensi File Video :

Anonim mengatakan... Jumat, 28 Desember 2012 23.32.00 WIB

FUcking Assholee........Suara Blog loe banci banget......Bikin Terkejut pengunjung...Shit mother Fucking AssHole

Tamvan Crew mengatakan... Minggu, 22 November 2015 16.18.00 WIB

Thx bro :)
buat referensi pengetahuan :D

Post a Comment and Don't Spam!

Please don't SPAM!