Popular Posts

Buka Peluang Usaha Lewat Bisnis Online

Share on :
Assalamualaikum...
Bisnis Online sekarang marak diperbincangkan diberbagai Media karena kesuksesannya. Alasan pertamanya adalah tersedianya fasilitas Iklan banner di situs-situs besar dengan harga yang miring, sedikitnya modal yang dikeluarkan dan pendapatan yang melimpah. Di era Globalisasi saat ini, SEKOLAH BLOG (AstaMedia) tersedia untuk Anda semua para peselancar internet untuk berBisnis Online. Sebelum kita masuk ke topik utama, apakah Anda tahu sebenarnya maksud, tujuan, kelebihan dan kekurangannya, serta efek-efek yang ditimbulkan pada Bisnis Online? Yuk, langsung ke pokok bahasan kita.

Apa itu Bisnis Online?
Bisnis Online merupakan suatu bisnis kecil-kecilan atau bahkan besar-besaran yang tersedia di dunia maya. Bisnis Online saat ini banyak menggunakan media internet karena aksesnya cepat, biaya yang diperlukan sedikit, serta penjelasannya bisa dilihat secara lengkap. Di sini, SEKOLAH BLOG mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk memulai bisnis online Anda.

Tujuan dari Bisnis Online
Tujuan Bisnis Online yang selalu dikatakan adalah "untung besar, rugi kecil". Hmm.. Istilah itu mungkin 80% benar, tapi apakah Anda yakin mendapatkan untung besar? Tentunya Anda ingin untung besar dengan kerugian seminimal mungkin, sehingga Anda tidak percuma mengeluarkan modal untuk berbisnis. Oya, Tujuan bisnis Online adalah memperluas pasar produksi. Misalkan Anda seorang pemilik sebuah perusahaan batik terkemuka di kota Anda, ingin memperluas usaha batik Anda ke mancanegara dengan modal yang tidak terlalu banyak. Nah, Bisnis Online adalah pilihan yang tepat untuk usaha Anda. Bisa saja, Anda menjadi langganan para negara tetangga seperti Australia, China, Jepang, dll. Jadi, inti dari tujuan dari bisnis online adalah Memperluas daerah pemasaran barang/jasa dari Anda ke berbagai lokasi dengan kerugian seminimal mungkin dengan keuntungan semaksimal mungkin.

Untuk apa Bisnis Online yang dikelola?
Wah, ini point yang paling penting, Sobat! Untuk APA Bisnis Online yang Anda kelola saat ini. Nah, itu tergantung Anda sendiri! Untuk sekedar tempat promosi, atau toko Online, atau yang lainnya. Oya, jika Anda ingin menjadikan bisnis Online Anda itu untuk menjadi toko Online, Saya sarankan Anda menyiapkan :
◙ Sebuah situs atau Blog dengan informasi yang sangat lengkap untuk menghindari konsumen yang mengira bisnis Anda itu "fake" (palsu).
◙ Sematkan akun Paypal/No. Rekening/Media pembayaran lainnya di situs/blog Anda agar konsumen bisa langsung mentransfer uang ke Akun Paypal/No.Rekening milik Anda.
◙ Pastikan Anda memasang pesan (kalau bisa yang gede, hehehe..) "Hubungi kami sebelum Anda melakukan transaksi selama kami aktif pada jam kerja". Pesan tersebut akan membuat Konsumen Anda untuk lebih berhati-hati dalam hal bertransaksi secara Online.
◙ Sertakan Gambar, foto, serta contoh barang/jasa secara lengkap (dipotret dengan kamera) agar tidak terjadi kekeliruan dalam hal harga, barang, dan hal lainnya.
Info : Sempat dikabarkan, seorang mahasiswa tertipu oleh oknum bisnis online via facebook yang menjual kamera dengan harga dibawah 2jt rupiah (sebenarnya sekitar 5jt lebih). Semua data lengkap, uang terkirim, namun barang tak kunjung datang. Maka berhati-hatilah Sobat Blogger!

Kelebihan Bisnis Online
Menurut SEKOLAH BLOG dari AstaMedia, kelebihannya antara lain :
◘ Penghasilan Anda bukan lagi berbentuk rupiah alias Anda mendapatkan penghasilan bebentuk USdollar.
◘ Dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, asal sudah "connect" dengan internet.
◘ Bisa dipromosikan dengan cara MtM (Mouth to Mouth), memasang iklan di sebuah Blog/Situs besar, link exchange dengan para blogger, atau mungkin ada cara unik lainnya.
◘ Tidak butuh lagi sama yang namanya "toko" karena Anda sudah mempunyai toko Online.
◘ Bisnis Online juga dapat menjadi lowongan pekerjaan yang hanya butuh modal "cyber skill". Hehe,, Cyber Skill yang dimaksud adalah pintar dalam hal Blogging. Nah, biar pinter Blogging, masuk aja deh di SEKOLAH BLOG dari AstaMedia!

Kekurangan Bisnis Online
Menurut Saya kalo sekarang, nih! Kekurangannya antara lain :
◘ Daerah-daerah terpencil (yang belum tersambung internet) belum bisa menikmati barang produksi Anda.
◘ Kadang-kadang, server Paypal agak "macet" sehingga Anda terlambat untuk mencairkan hasil dari bisnis Anda (untuk pengguna paypal).

Saran untuk pebisnis online
Baca dengan teliti point-point di bawah ini!
1. Untuk mempermudah pengaksesan ke blog/site Anda, gunakan SEO Friendly template seperti yang disarankan oleh SEKOLAH BLOG.
2. Apabila Anda menggunakan Blog, baik blogger maupun wordpress, lebih baik alihkan ke domain Anda sendiri misalnya : toko-online.com.
3. Sering-sering update pagerank di google agar semakin banyak visitor Anda.
4. Bisnis yang Anda jalankan wajib di update setiap hari.
5. Tambahkan bisnis yang lainnya untuk memikat para konsumen yang lainnya. Misal : Bisnis utama Anda adalah penjualan Online DVD Original, nah coba bisnis hardware komputer buatan sendiri yang limited edition (hehe.. kaya' distronya komputer donk!).
6. Promosikan ke berbagai Social Network (facebook, twitter). Forum-forum komunitas, serta teman-teman Anda.
7. Terakhir, pastikan Anda mempunyai "kaki tangan" dalam menjalankan bisnis ini!

So, that's it! Semoga bermanfaat bagi kita semua! Amin.

2 komentar on Buka Peluang Usaha Lewat Bisnis Online :

Wow Kk Wow mengatakan... Sabtu, 14 Januari 2012 pukul 08.59.00 WIB

Wah, menarik sekali tulisannya, Mas..

Blognya juga bagus.
Mudah2an saya juga bisa berbisnis online seperti Mas ini.

MzIqbal mengatakan... Sabtu, 14 Januari 2012 pukul 13.45.00 WIB

@Wow Kk Wow Terima kasih atas komentarnya!

Post a Comment and Don't Spam!

Please don't SPAM!